Mendagri Mengapresiasi Kemajuan NTB .

Pembacaan ayat suci Al Qur'an menambah hidmat   pelantikan DR.TGH M.Zainul Majdi dan HM.Amin SH.Msi sebagai Gubernur NTB   oleh Menteri altDalam Negeri Gamawan Fauzi  17 September 2013 .

Menteri Dalam Negeri dalam rapat Istimewa DPRD NTB   itu , memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan NTB pada lima tahun terakhir ini . NTB yang dipimpin oleh Gubernur DR.TGH.M.Zainul Majdi MS dan Wakil Gubernur Ir.Badrul Munir mencatat kemajuan signifikan di berbagai bidang . Misalnya dibidang pariwisata Mendagri menyebut keberhasila daerah ini didalam mengembangkan sektor ini ditandai dengan meningkatnya kunjungan wisatawan . Tahun 2008 kunjungan wisatawan hanya 500.000 orang , pada tahun 2011 meningkat menjadi 750 ribu , bahkan pada tahun 2013 diharapkan menjadi 1 juta orang .

Demikian pula dengan peningkatan Indek Pembangunan Manusia ( IPM ) ada perkembangan yang mengembirakan . Diikuti pula oleh sejumlah indikator pembangunan seperti usia harapan hidup dari enampuluh satu menjadi enampuluh dua lebih . Angka kematian ibu melahirkan dari 320 pertahun menurun menjadi 280 pertahun . Dibidang pendidikan Mendagri mengemukakan data angka putus sekolah yang berhasil diatasi  dari 92,54 % menjadi 97,955 %.Sehingga masih ada dibawah 2 % angka putus sekolah yang harus diatasi . Dalam kesejahteraan masyarakat disebutkannya ada kenaikan daya beli masyarakat sudah berada diatas rata-rata nasional .

Banyak lagi keberhasila NTB yang mendapat apresiasi Mendagri antara lain dibidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan sejumlah bidang lainnya sehingga Daerah NTB menempati urutan pertama dalam penilaian Millinium Award tahun 2012. Pembangunan Daerah NTB tidak hanya mengandalkan bantuan anggaran dari Pusat , tetapi juga Pendapatan Asli Daerah yang meningkat dua kali lipat . Pada tahun 2010 jumlah APBD NTB mencapai Rp 1,12 trilyun dengan PAD Rp 387 milyar . Kemudian pada tahun 2013 APBD NTB meningkat menjadi Rp 2,31 Trilyun dengan PAD sebesar Rp 731 milyar.

Namun demikian masih ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh Pemerintah dan masyarakat NTB antara lain jumlah penduduk miskin di Bumi Gora ini masih mencapai 18,02 %, ditambah lagi masih ada Kabpaten/Kota tertinggal didaerah ini . Untuk mengatasi hal tersebut daerah NTB memiliki potensi besar baik di bidang pariwisata , kalautan dan bidang lainnya .

Mendagri Gamawan Fauzi sempat tidak membaca teks pidato ketika mengemukakan aset-aset wisata daerah ini secara lengkap. Termasuk susu kuda Bima , dan Madu Sumbawa . Bahkan ia mengatakan ia sangat tahu daerah ini sebab ia pernah lama di Mataram dimasa sekolah . " Kalau bukan karena pelecing kangkung dan ayam taliwang , saya tidak akan menjadi Menteri Dalam Negeri " ujar menteri berseloroh . Bahkan ia mengatakan dirinya " Putra Lombok " .

Tanggal 17 September 2013 dalam rangkaian pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB juga berlangsung pesta rakyat di Kalapngan Umum Sangkareang Mataram sekitar 150 meter dari Kantor Gubernur . Panitia menyediakan 15.000 porsi makanan secara gratis untuk rakyat yang hadir bersama Gubernur dan Wakil Gubernur NTB dan sejumlah pejabat . ( Br )





Komentar (0)

Feed

Tulis Komentar

kecil | besar

busy
Presets
BG Color
BG Patterns
Accent Color
Apply