Gubernur Dan Wakil Gubernur NTB Dilantik 17 September 2013.

TGH.DR.Zainul Majdi MA dan H.Moh.Amin SH.Msi tanggal 17 September 2013  dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat periode alt2013-2018 oleh Mendagri Gamawan Fauzi atas nama Presiden pada sidang Istimewa DPRD NTB di Mataram .

Tokoh Ulama NTB yang dikenal dengan Tuan Guru Bajang atau TGB memiliki pengaruh yang luas di Nusa Tenggara Barat terutama di Pulau Lombok sebab Doktor lulusan Universitas Al Azhar Kairo Mesir ini merupakan tokoh penting dalam Organisasi Kemasyarakatan  Nahdatul Wathan ( NW ). Organisasi yang lebih banyak bergerak dibidang keagamaan dan pendidikan ini  didirikan pada masa perjuangan Kemerdekaan oleh Tokoh ulama kharismatik TGH.Zainuddin Abdui Majid yang tidak lain adalah kakek dari TGB sendiri . NW sudah tersebar di seluruh NTB bahkan di sejumlah daerah diseluruh tanah air .

Kontribusi NW dibidang pendidikan baik pendidikan agama maupun pendidikan umum dibuktikan dengan fakta , bahwa sebagian terbesar dari Pondok Pesantren yang ada di NTB didirikan oleh NW . Selain itu NW juga memiliki perguruan tinggi baik Universitas maupun Sekolah Tinggi antara lain terdapat di Kota Mataram Ibukota NTB , Kota Pancor dan Anjani Lombok Timur .

Pengaruh NW yang besar di NTB menyebabkan pasangan TGB-Amin memenangkan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur 2013-2018 . Bahkan pasangan ini hanya dengan satu putaran memenangkan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur itu . Keberhasilan TGB sebagai Gubernur  periode 5 tahun 2008-2013  ketika berpasangan dengan Wakil Gubernur Badrul Munir juga menentukan kemenangan Pemilukada 2013-2018 ini .

Kendati masih ada dualisme NW yang sangat kuat , yaitu adanya PB NW Pancor dan PB NW Anjani yang bisa mengurangi kontribusi NW dalam perolehan suara , tetapi ternyata hal itu tidak berpengaruh secara signifikan . TGB -Amin ternyata mengumpulkan suara sangat pantastis dalam :Pemilukada 2013-2018 .Berikut ini perolehan suara Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2013-2018 :

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU NTB, pasangan TGB-Amin memperoleh 1.038.636 suara (44,36%). Pasangan Suryadi Jaya Purnama-Johan Rosihan atau SJP-Johan sebanyak 183.823 suara (7,85%). Pasangan Harun Al Rasyid-Lalu Muhyi Abidin atau Harum sebesar 498.420 (21,29%) dan pasangan Zulkifli Muhadli-Prof M Ichsan atau Zul-Ichsan sebesar 620.611 (26,50%).

Pada periode 2008-2013 , Gubernur TGB dan Wakil Gubernur Badrul Munir memunculkan program unggulan diantaranya adalah pogram sejuta sapi untuk menjadi NTB sebagai daerah panyangga kebutuhan ternak Nasional . Disamping itu masing ada program menurunkan angka buta huruf sampai ke angka nol , angka putus sekolah sampai Nol , menurunkan angka kematian ibu melahirkan , angka kematian bayi , dan tentunya menurunkan angka kemiskinan . Kerja keras untuk menaikkan angka IPM juga menjadi tekad Gubernur TGB pada masa kepemimpinannya yang pertama .

Tentunya tidak semua program unggulan itu berjalan mulis dan memunjukkan hasil yang signifikan . Misalnya program sejuta sapi , masih harus dilanjutkan pada periode kedua sebab populasi sapi di NTB sampai akhir periode I  tanggal enambelas september 2013 belum tercapai . Demikian pula dengan upaya menaikkan IPM di NTB yang masih berada di urutan bawah diantara 33 propinsi di tanah air . ( Bochri Rachman ).

Komentar (0)

Feed

Tulis Komentar

kecil | besar

busy
Presets
BG Color
BG Patterns
Accent Color
Apply