Bungkam Jerman, Italia lolos ke partai puncak Piala Eropa 2012

Italia di luar dugaan membungkam tim favorit Jerman 2-1 sekaligus maju ke babak final Piala Eropa 2012.Demikian ditulis wartawan BBC Indonesia Mohammad Susilo di Situs bbc.co.uk jumat 29/6.

Dalam pertandingan di Stadion Nasional di Warsawa, Polandia, Kamis malam (28/6) atau Jumat dini hari WIB, Tim Panser dibuat tak berkutik, meski sempat menekan Italia di awal babak pertama.

Sebaliknya Italia menampilkan permainan yang efektif, kokoh di belakang, dan tidak memberi kesempatan para pemain Jerman menguasai lapangan tengah.

Dua gol Italia dicetak oleh Mario Balotelli masing-masing di menit ke-20 dan 36.

Satu-satunya gol Jerman dicetak oleh Mesut Oezil melalui titik penalti di injury time.

Pelatih Italia, Cesare Prandelli mengatakan timnya memang layak menang. "Saya selalu mengatakan hati-hati ketika melawan Italia. Malam ini kami menunjukkan bahwa para pemain Italia bermain luar biasa," katanya.

Ditanya tentang penampilan Balotelli, Prandelli mengatakan, "Ia bermain cemerlang, tapi ingat itu juga hasil dari kerja sama tim.
Menyakitkan

    "Saya selalu mengatakan hati-hati ketika melawan Italia. Malam ini kami menunjukkan bahwa para pemain Italia bermain luar biasa."

Cesare Prandelli

Suasana berbeda terasa di kubu Jerman. Kapten Philipp Lahm mengatakan kekalahan dari Italia ini menyakitkan.

"Sangat, sangat menyakitkan. Kami membuat kesalahan yang akhirnya kami kebobolan dua gol. Kami bekerja keras tapi gagal memanfaatkan peluang," kata Lahm.

Mantan pemain timnas Inggris, Martin Keown, yang sekarang menjadi analis sepak bola BBC mengatakan arogansi membuat Jerman harus membayar mahal.

"Bisa dikatakan mereka meremehkan Italia. Jerman bahkan tidak memberi perhatian khusus kepada pemain kunci Italia, Andrea Pirlo," kata Keown.

Bagi Jerman kekalahan ini membuat mereka tidak bisa mengalahkan Italia di turnamen besar sejauh ini.

Di babak final Piala Eropa 2012 di Kiev, Ukraina, pada hari Minggu (1/7) Italia akan menghadapi juara bertahan Spanyol, yang sebelumnya menyingkirkan Portugal 4-2 melalui adu penalti.a ( BBC Indonesia ).

Komentar (0)

Feed

Tulis Komentar

kecil | besar

busy
Presets
BG Color
BG Patterns
Accent Color
Apply