VOA Usul Penghapusan Ayat Di UU KPI

Agenda pada hari keempat Kaukus DPR RI – AS di negeri Paman Sam diawali dengan kunjungan ke Kantor Pusat VOA (Voice of America), Jumat (27/4). Salah satu materi diskusi dalam kunjungan ke kantor media ini adalah tentang UU Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang akan direvisi oleh DPR.

Staf VOA Indonesia mengusulkan penghapusan ayat di UU KPI yang melarang media asing untuk menyiarkan berita secara langsung. Alasannya, hal itu membatasi akses masyarakat terhadap informasi dari berbagai sumber. Larangan itu juga tak relevan karena masyarakat sudah dapat mengunduh siaran berita langsung dari internet.

"Anggota Kaukus juga menyarankan agar VOA Indonesia menuliskan usulan-usulan dalam bentuk position paper sehingga bisa ditindaklanjuti sesuai mekanisme standar oleh DPR. Kaukus berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Pansus  revisi UU KPI," ujar anggota Kaukus ini, Eva Kusuma Sundari.

Selain diisi dengan diskusi, pertemuan ini menjadi sarana reuni bagi anggota Kaukus yang berlatar belakang jurnalis. Sebut misal, Teguh Juwarno dan Akbar Faisal. Pengelola media penyiaran VOA seperti Helmy Johanes dan Nadia Madjid merupakan kawan lama mereka saat masih di Indonesia.

"Kaukus berharap VOA Indonesia mempunyai relasi langsung dengan DPR sehingga isi berita VOA Indonesia lebih komprehensif dengan menyertakan perspektif anggata DPR," ujarnya. ( Jurnal Parlemen ).

Komentar (0)

Feed

Tulis Komentar

kecil | besar

busy
Presets
BG Color
BG Patterns
Accent Color
Apply