image image image
RUU Penyiaran Mulai Dibahas DPR RI. DPR RI mulai hari ini 23 September 2013 membahas RUU Tentang Penyiaran sebagai revisi UU No 32 tahun 2002 . Ketua Komisi I DPR RI Mahfud Siddiq seperti dikutip Jurnal Parlemen menyatakan pembahasan RUU Penyiaran ini termasuk berat sebab terdapat lebih dari 800 Daftar Inventarisasi Masalah ( DIM ) . Selengkapnya
Mendagri Mengapresiasi Kemajuan NTB . Pembacaan ayat suci Al Qur'an menambah hidmat   pelantikan DR.TGH M.Zainul Majdi dan HM.Amin SH.Msi sebagai Gubernur NTB   oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi  17 September 2013 .
Selengkapnya
Aset Negara Yang Digunakan RRI Bermasalah. IS.19 September 2013.Lembaga Penyiaran Publik RRI kini menghadapi masalah hukum , sebab sengketa  lahan seluas 45 hektar di Depok dimenangkan penggugat  H.Muhammad Samin CS di tingkat Peninjauan Kembali ( PK ) Mahkamah Agung . Padahal di lahan itu berdiri Pemancar RRI dan perumahan . Selengkapnya
alt

Seluruh Jemaah Haji setelah melakukan wukuf di Padang Arafah 9 Zulhijjah , bergerak menuju Muzdalipah melakukan mabit sampai selepas tengah malam . Disana para jemaah memungut batu krikil sebagai jumrah untuk dilemparkan di Jamrat mulai 10 Zuhijjah di Mina .

Jemaah yang memilih nafar Awal ,  ia harus meninggalkan Mina 12 Zulhijjah sebelum matahari terbenam . Sedangkan jemaah yang memilih Nafar Tsani meninggalkan Mina tanggal 13 Zulhijjah . Itulah sebabnya pada pelemparan jumrah pada 12 Zulhijjah kepadatan luar biasa terjadi di Jamrat atau tempat pelemparan batu krikil  di Jamrat Ula , Wustha dan Aqabah .

Sekitar 2 sampai 3 juta jamaah berdesak-desakan untuk melakukan pelemparan jumrah .

Pada saat ini Jamrat sudah ditata lebih lebar dan bisa dilakukan di 4 sampai 5 lantai guna mencegah timbulnya korban , Sangat jauh berbeda dengan keadaan sebelumnya jamrat lebih sempit dan hanya ada 2 lantai untuk lokasi pelemparan sehingga pada tahun 2990 tercatat 1.426 jemaah tewas , tahun  2004 tercatat 251 tewas dan tahun 2006 jumlah jemaah yang tewas 362 orang .

Dengan adanya proyek baru oleh Pemerintah Arab Saudi yang bernilai Rp 11,3 trilyun , sekitar 5 juta jemaah haji bisa melakukan pelemparan jumrah .

Ada kisah yang dialami salah seorang jemaah asal Mataram NTB pada saat menunaikan ibadah haji tahun 2997 lalu . Ia termasuk diantara satu juta lebih jemaah yang berdesak-desakan di Jamrat pada saat hendak melempar jumrah . Ia terdesak diantara jutaaan orang dan terjatuh . Dapat dibayangkan bagaimana nasib seseorang yang jatuh diantara jutaan orang. Sulit dibayangkan jiwanya bisa selamat sebab terjatuh di tengah jutaan orang berdesak-desakan bisa menjadi korban terinjak-injak

Begitu terjatuh , Jemaah asal Mataram ini menyadari bahwa ia sedang menghadapi musibah atau malapetaka yang tidak mungkin diatasinya kecuali atas kehendak Allah Swt . Pada saat itu ia hanya bisa berdoa meminta pertolongan Allah Swt , untuk menyelamatkan jiwanya . Setelah itu tidak mengingat apa-apa lagi untuk beberapa saat .

Saat sadar , tiba-tiba ia melihat ada seseorang mengulurkan tangannya. Orang itu menarik tangan jemaah asal Mataram  itu dari himpitan orang yang berdesak-desakan . Ia akhirnya bisa tertolong  di tengah himpitan jutaan orang dan iapun bisa selamat . SUBHANALLAH , ucapnya . Allah  SWT  telah memberikan pertolongan  kata  jemaah asal Mataram itu .

Sulit dibayangkan , ia bisa selamat padahal ia sudah tergeletak di lantai diantara kaki jutaan orang . Ketika ia mengisahkan kepada saya peristiwa itu di malam setelah peristiwa itu , jemaah ini mengatakan ia  benar-benar telah berserah diri kepada Allah SWT , sambil berdoa . SUBHANALLAH  , doa orang ini dikabulkan Allah Swt , ia selamat dan sampai saat ini masih hidup menjadi orang terpandang di Kota Mataram . Tahun ini ia mengakhiri masa jabatan kedua di Mataram .

Saya yakin peristiwa di Mina tahun 1997 itu tidak akan pernah ia lupakan selamanya dan barangkali memberi hikmah luar biasa bagi dirinya untuk selalu berserah diri kepada Allah Swt . Ibadah Haji adalah keihlasan untuk secara utuh berserah diri kepada Allah Swt . Lama saya ngobrol dengan dia pasca peristiwa yang dialaminya di Mina . Tidak habis-habisnya ia ucapkan SUBHANALLAH . Saya kembali bertemu di Padang Arafah pada wukuf tahun 2002 , bahkan saya satu kemah dengannya . Ia sempat memberi hutbah kepada jemaah haji kloter kami  saat wukuf di Padang Arafah . (Bochri Rachman )- bersambung ke bagian 5.

Komentar (0)

Feed

Tulis Komentar

kecil | besar

busy

Berita Utama

Prev Next

Dirut TVRI Bantah Langgar UU Penyiaran.

Dirut TVRI Bantah Langgar UU Penyiaran.

Direktur Utama Televisi Republik Indonesia (TVRI), Farhat Syukri, membantah jika pihaknya mendapat tekanan dari Partai Demokrat untuk menayangkan siaran konvensi calon presiden Partai Demokrat pada Minggu (15/9/2013) malam.Menurut Farhat, TVRI sebagai lemb...

Bochri Rachman 21 Sep 2013 Hits:745 Berita Utama

TVRI Dinilai Langgar UU Penyiaran , Terkait Siaran Konvensi PD

TVRI Dinilai Langgar UU Penyiaran , Terkait Siaran Konvensi PD

Jakarta – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memutuskan menjatuhkan sanksi administraif berupa teguran kepada LPP TVRI atas penayangan siaran Konvensi Partai Demokrat pada Minggu, 15 September 2013. KPI meminta TVRI membuat surat pernyataan untuk memberikan ...

Bochri Rachman 20 Sep 2013 Hits:1164 Berita Utama

TVRI Dinilai Melanggar UU Penyiaran.

TVRI Dinilai Melanggar UU Penyiaran.

Jakarta . Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI ) memberikan sanksi terhadap TVRI terkait penyiaran konvensi Partai Demokrat .

Bochri Rachman 20 Sep 2013 Hits:517 Berita Utama

Presets
BG Color
BG Patterns
Accent Color
Apply